Syarat Permohonan Aktivasi EFIN Bagi Wajib Pajak

Syarat Permohonan Aktivasi EFIN Bagi Wajib Pajak

Wajib pajak yang hingga saat ini masih belum melaporkan SPT dipermudah dengan adanya e-filing. Namun, sebelum memakai fasilitas elektronik ini, semua wajib pajak mutlak memiliki EFIN terlebih dahulu atau melakukan proses aktivasi EFIN.

Apa itu EFIN Pajak? EFIN pajak merupakan nomor identitas yang telah diterbitkan DJP pada semua wajib pajak guna mempermudah proses transaksi elektronik salah satunya saat melakukan e-filing pajak. Berikut ini syarat permohonan yang perlu dipersiapkan wajib pajak untuk melakukan aktivasi EFIN:

Syarat Permohonan Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi

Berbeda wajib pajak maka berbeda pula syarat-syarat yang diberlakukan, untuk wajib pajak orang pribadi ada beberapa syarat mutlak yang harus dikumpulkan dan diupload guna memperlancar proses aktivasi EFIN. Diantaranya, wajib pajak harus melakukan permohonan secara mandiri langsung ke KPP terdekat, tidak bisa diwakilkan oleh orang lain. Wajib pajak pun harus membawa beberapa data, seperti KTP, Paspor/KITAS/KITAP dan juga membawa NPWP serta surat keterangan terdaftar. Tidak ketinggalan pula alamat email aktif serta nomor telepon aktif.

Syarat Permohonan Bagi Wajib Pajak Badan

Syarat yang ditujukkan bagi wajib pajak badan memang jauh lebih kompleks dan banyak, diantaranya Anda harus melakukan permohonan pada KPP maupun KP2KP tempat terdaftar maupun tempat tertentu yang ada di luar kantor yang telah disesuaikan dengan kewenangannya. Menunjukkan berkas asli dan fotokopi dari data-data beriku ini:

·         KTP

·         Tanda pengenal lainnya bagi WNA seperti Paspor/KITAS/KITAP

·         NPWP pengurus

·         NPWP wajib pajak badan

Setelah semua berkas asli ditunjukkan dan berkas fotokopi dikumpulkan, Anda bisa langsung memberikan alamat email aktif dan nomor telepon aktif yang diminta. Dikhususkan untuk wajib pajak badan cabang, yang menjadi pengurus harus  Pimpinan Kantor Cabang dan juga wajib menunjukkan surat asli dari Surat Pengangkatan Pimpinan Cabang lantas menyerahkan fotokopinya.

Mungkin tidak familiar dengan fasilitas e-filing ini, namun setelah berhasil melakukan aktivasi dan melaporkan pajak SPT Anda, kegiatan ini tidak akan menyusahkan untuk dilakukan lagi di masa mendatang, jadilah wajib pajak yang bertanggung jawab dengan membayar dan melaporkan pajak Anda.

Sumber Artikel : smconsult

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *